33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaHari Ini Capres-Cawapres Mulai Kampanye Pilpres 2024, Ini Agendanya

Hari Ini Capres-Cawapres Mulai Kampanye Pilpres 2024, Ini Agendanya

INDONESIAPOLITIK.COM – Pemilihan presiden atau pilpres 2024 memasuki masa kampanye mulai hari ini, Selasa (28/11). Kampanye capres 2024 akan berlangsung selama 75 hari hingga 10 Februari 2024.

Setiap pasangan calon wakil presiden memulai kampanye pilpres di lokasi yang berbeda satu sama lain pada hari pertama kampanye. Berikut jadwal lengkap masing-masing pasangan calon pada hari pertama kampanye presiden 2024:

Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan – Cak Imin

Anies akan memulai kampanye pertamanya yang pertama di kawasan utara Tanah Merah dari Jakarta.

Setelah kick off, ia akan mengunjungi beberapa titik di Jakarta.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) AMIN, Syaugi Alaydrus mengatakan Anies punya sejarah tersendiri dengan Tanah Merah. Namun, dia enggan merinci sejarah penting  antara Anies dan daerah.

“Besok yang pertama ada di Jakarta kick off-nya ada di Tanah Merah, kemudian setelah itu siang ke Bogor setelah itu ke Bandung untuk capres,” kata Syaugi di Kantor KPU, Jakarta, Senin.

BACA JUGA: TKN Tanggapi Gimik Gemoy Prabowo, Akui sebagai Strategi Menarik Pemilih Muda

Sementara itu, Cak Imin akan memulai kampanyenya di Jawa Timur. Ia akan menjenguk ibunya sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi di Jawa Timur. Ia mengungkapkan, dirinya tidak bersama-sama dengan Anies dalam kampanye agar jangkauannya semakin luas.

“Ya berbagi tugas supaya jangkauannya luas. Saya tanggal 13 masuk lagi,” kata dia.

Cak Imin pun mengambil cuti sebagai Pimpinan DPR. Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad mengatakan, dirinya sudah mengeluarkan surat kepada Cak Imin untuk cuti hingga 12 Desember.

Paslon Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran tidak akan mengambil cuti di hari pertama kampanye. Mereka akan menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo. Sekretaris Kelompok Pemenangan Nasional (KPU) Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengatakan keduanya tidak sedang cuti  hari ini.

“Besok karena beliau masih menjabat aktif menjadi menteri pertahanan dan Mas Gibran masih menjabat aktif sebagai wali kota, besok masih bekerja seperti biasa, tidak mengambil hak cuti,” kata Nusron.

Nusron menilai kepentingan negara lebih penting dibandingkan kepentingan kampanye. Dia mengatakan keduanya berupaya melayani masyarakat sebaik mungkin.

Menurutnya, Prabowo-Gibran hanya akan mengambil cuti  jika diperlukan. Dia menjelaskan, aturan mengizinkan hal itu.

“Cuti kampanye dilakukan saat dibutuhkan untuk cuti, ya dia cuti, bisa akhir pekan, bisa awal pekan, pokoknya saatnya dibutuhkan,” ujarnya.

Namun Nusron mengatakan TKN akan mulai bergerak  hari ini. Ia mengatakan kampanye ini akan dilakukan  serentak di 200 lokasi berbeda di Indonesia saat ini.

“Serentak, ya kan, 200 titik se-Indonesia, kampanye apa? Sosialisasi program unggulan Pak Prabowo-Gibran,” ucap dia.

Paslon Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Ganjar akan memulai kampanye pemilunya di Papua  hari ini. Pisah dari Mahfud ke Aceh. Ganjar mengatakan strategi kampanyenya adalah menjangkau dua wilayah yang terletak di ujung timur dan barat Indonesia.

“Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh. Dari timur ke barat kita bergerak,” kata Ganjar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Mahfud sendiri telah diberi cuti oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menkopolhukam

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments