26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaResmi!, Prabowo Tetapkan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Cawapres di Pilpres 2024

Resmi!, Prabowo Tetapkan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Cawapres di Pilpres 2024

INDONESIAPOLITIK.COM – Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, resmi diumumkan sebagai  cawapres  Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Nama Gibran diumumkan usai rapat Ketua Umum Persatuan Partai Indonesia Maju (KIM) dari Prabowo hingga Kartanegera, Minggu (22/10) malam.

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM,” ujar Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Saya kira itu. Pengumuman yang ditunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25, Rabu kita akan daftar di KPU,” imbuhnya.

BACA JUGA: Resmi!, Partai Golkar Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Selain Prabowo, hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Mendampingi mereka adalah sekretaris jenderal dan pimpinan senior masing-masing partai.

Sedangkan Gibran sendiri tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Kabar Pencalonan Gibran

Kabar pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres  akan diumumkan usai rapat nasional Partai Gerindra besok, Senin (23 Oktober). Ketua Umum KIM sepakat memilih Gibran sebagai cawapres Prabowo pada Pilpres 2024.

Saat ini partai koalisi yang diusung Prabowo antara lain Gerindra, Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora, dan Partai Garuda.

Dua hari terakhir setelah tiba di Jakarta, Gibran juga mengunjungi Ketua Umum KIM. Namanya  resmi diajukan Partai Golkar sebagai cawapres  Prabowo.

Keputusan Golkar mencalonkan Gibran merupakan hasil rapat partai nasional, Sabtu (21 Oktober). Mereka menolak mengusung Airlangga sebagai calon wakil presiden.

Putra sulung Jokowi itu kemudian menerima keputusan Rapimnas langsung dari Golkar. Ia pun menyatakan akan segera menindaklanjuti keputusan Prabowo tersebut.

Prabowo mengaku sempat berbicara dengan Jokowi soal rencana pencalonan Gibran sebagai calon wakil presiden. Menurut Ketum Gerindra itu, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran terkait pencalonan sebagai cawapres ini.

“Dan beliau (Jokowi) bilang terserah Pak Wali (Gibran), kan sudah dewasa. Kalau Pak Wali bersedia ya beliau pasti tidak menahan (diri), kira-kira begitu,” kata Prabowo.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments