26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaEks Tim 8: Anies Tak Pernah Kontak AHY Sebelum Deklarasikan Cak Imin...

Eks Tim 8: Anies Tak Pernah Kontak AHY Sebelum Deklarasikan Cak Imin Untuk Jadi Cawapres

INDONESIAPOLITIK.COM – Mantan Anggota Tim Delapan dari Partai Demokrat, Iftitah Sulaiman Suryanagara mengatakan Anies Baswedan belum pernah menghubungi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebelum deklarasi dengan Ketua PKB Muhaimin Iskandar (Cak imin).

Anies dan Cak Imin mengumumkan mendeklarasikan sebagai capres dan cawapres pada Sabtu, 2 September di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur. Pernyataan itu disaksikan para petinggi NasDem dan PKB.

“Karena faktanya tadi malam, sampai dengan 31 [Agustus] malam Pak Anies belum mengontak juga. Hari ini mungkin sudah mengontak, tapi dalam dua hari kemarin itu belum ada komunikasi. Itu saya hanya menyampaikan fakta ya,” kata Iftitah, Jumat(1/9), melalui pernyataan yang diterima koordinator juru bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

BACA JUGA: Yaqut Bicara Tentang Capres: Cek Rekam Jejak Capres, Pemecah Belah Umat Jangan Dipilih

Awalnya, kata Iftitah, Sudirman Said yang juga anggota Tim Delapan bermaksud memberi tahu AHY tentang keputusan mendeklarasikan Anies Baswedan dan Cak Imin.

Iftitah mengatakan, rencana Sudirman bertemu AHY hanya sebatas pengumuman. Menurutnya, Demokrat hanya punya dua pilihan: menerima atau menolak.

“Ketika Pak Sudirman Said (tim Anies) meminta waktu untuk ketemu dengan AHY saya katakan, ‘Apakah bertemu itu untuk memberi tahu atau untuk mendiskusikan keputusan? Jawabannya, ‘untuk memberi tahu’. Artinya keputusan tidak bisa diubah, keputusan tidak bisa diubah,” ujarnya.

Iftitah saat itu mengaku meminta Sudirman agar Anies menghubungi langsung AHY karena menyangkut keputusan penting. Namun Iftitah mengatakan kontak tidak terjadi.

“Saya menyarankan untuk keputusan sebesar ini saya dorong ‘Pak Capres langsung hubungi Ketua Umum’ Kenapa begitu? Karena ada pengalaman empirik Pak Capres itu beberapa kali langsung kontak juga kepada Ketua Umum,” kata Iftitah.

Iftitah pun meminta Sudirman mencabut tudingan AHY yang tidak menanggapi Anies.

“Tadi kita juga sampaikan ke Pak Dirman, ‘Pak kita tolong jangan lagi bantah membantah di media, bahwa ada upaya untuk meminta ketum Pak AHY tapi tidak direspons’,” ungkapnya.

Anies sudah menghubungi AHY

Anies sebelumnya mengaku sudah mencoba menghubungi AHY namun tidak sempat. Ia mengaku hanya bisa menghubungi Ketua PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Dewan PKS Syuro Salim Segaf Al Jufri.

“[Sudah berusaha berkomunikasi dengan Mas AHY, tapi tidak diberikan waktu] betul. [Dengan PKS Anda sudah bertemu dengan Presiden PKS dan Ketua Majelis Syuro PKS] betul semua,” kata Anies, Sabtu (2/9), usai deklarasi di Surabaya.

Namun Anies tak menjelaskan kebuntuan komunikasi antara dirinya dan AHY.

“Nanti kita jelaskan pada waktunya. Biar hari ini kita mensyukuri, menengok ke depan bahwa apa yang terjadi hari ini adalah untuk Indonesia yang lebih baik,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan koalisi itu adalah untuk Indonesia, jadi “bukan soal siapa duduk di mana”.

“Kita ingin agar koalisi ini bisa mewujudkan mimpi rakyat Indonesia. Kemarin ada dinamika, nanti pada waktunya kita akan ceritakan secara runtut. Tapi kami melihat penting bagi kita semua untuk fokus bahwa ini bukan soal siapa duduk di mana,” kata Anies.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments