26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaRapat Pleno PKB: PKB Positif Tanggapi Ajakan NasDem untuk Dukung Anies-Cak Imin

Rapat Pleno PKB: PKB Positif Tanggapi Ajakan NasDem untuk Dukung Anies-Cak Imin

INDONESIAPOLITIK.COM – Wakil Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Jazilul Fawaid mengatakan PKB menyambut baik kerja sama politik dengan NasDem pada Pilpres 2024 untuk mendukung Anies Baswedan. Demikian keputusan rapat paripurna DPP PKB yang digelar di kantor DPP PKB, Jakarta pada Jumat (1/9).

“Utamanya kabar beredar terakhir. Terkait tawaran NasDem kerja sama dengan NasDem. Maka tadi pleno berikan side bahwa pleno menyatakan dan menyambut baik tawaran kerja sama dari NasDem,” ujar Jazilul di Kantor DPP PKB.

Namun, Jazilul menjelaskan, tawaran kerja sama dengan NasDem akan difinalisasi dalam pertemuan lebih luas di Surabaya, Jawa Timur, Jumat sore ini. Dia menjelaskan, pertemuan itu akan mempertemukan pemangku kepentingan internal dan berkonsultasi dengan para ulama.

BACA JUGA: Partai Demokrat: NasDem dan PKB Setuju Berkoalisi Usung Anies dan Cak Imin

“Semuanya hasil rapat pleno ini kita finalkan di Surabaya nanti. Kapan deklarasi kapan, tentu [tunggu keputusan] nanti sore,” tambahnya.

Jazilul mengatakan, dalam rapat paripurna sangat sulit. Pengurus Syuro dan Tanfidzyah PKB beradu peluang bekerja sama dengan NasDem.

“Dan pada ujungnya keputusannya akan ada finalisasi. Berarti hari ini intinya menyambut baik tawaran kerja sama dari NasDem,” ujarnya

Jazilul juga mengatakan, Ketua partai, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat ini sedang dipingit.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengungkapkan calon presiden Anies Baswedan telah menyetujui kerja sama politik antara Partai Nasdem dan PKB. Menurut Demokrat, keputusan itu diambil secara sepihak dan mereka merasa dikhianati.

Memang Anies sebenarnya didukung oleh NasDem, Partai Demokrat, dan PKS melalui Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). PKB juga kini menjadi bagian dari Koalisi Front Indonesia bersama Gerindra, Golkar, PAN, dan PBB memiliki Prabowo Subianto.

Ketua NasDem Surya Paloh pun menyebut duet Anies dan Muhaimin Iskandar bisa tampil. Namun keputusan ini belum final.

“Bisa terjadi. Keputusan itu belum puncak sepenuhnya,” kata Paloh di Menara NasDem, Jakarta, Kamis (31/8).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments