33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaInternal PSI Terdapat Polemik, Pilihan Dukungan Antara Ganjar atau Prabowo?

Internal PSI Terdapat Polemik, Pilihan Dukungan Antara Ganjar atau Prabowo?

INDONESIAPOLITIK.COM – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengakui, ada perdebatan internal di lingkungan Dewan Pimpinan Daerah (DPW) mengenai calon presiden mana yang akan didukung pada Pilpres 2024.

Grace Natalie, Wakil Ketua Dewan Pengurus PSI, mengatakan perdebatan tersebut terjadi dalam forum DPW 38 PSI se-Indonesia yang berlangsung pada Selasa (22/8).

“Dalam musyawarah DPW ada perbedaan pendapat mengenai siapa yang layak didukung. Ada yang ingin Mas Ganjar, ada yang mendukung Pak Prabowo, dan juga ada yang bilang PSI jomblo saja,” kata Grace saat membacakan rekomendasi DPW saat acara Kopdarnas PSI di Tenis Indoor Senayan. Jakarta, Selasa (22/8).

BACA JUGA: Dibalik Kunjungan Ganjar, Yenny Wahid Terbuka Soal Tawaran Menjadi Cawapres

Grace mengatakan DPW telah memberikan kewenangan penuh kepada dewan pembina dan DPP PSI untuk menentukan dukungan.

Namun, dia menegaskan, sejauh ini partai ini belum menentukan pilihan karena masih menyerap aspirasi dengan memperhatikan dinamika politik yang ada.

“Kami minta DPP menerapkan ojo kesusu (jangan terburu-buru) dan terus memperhatikan dinamika politik yang berkembang. Termasuk komitmen tegas kepada Jokowi untuk tegas mengambil keputusan yang berdampak pada masa depan bangsa,” dia berkata. berbicara.

Grace mengatakan DPW Partai Solidaritas Indonesia juga mewajibkan penetapan calon presiden memperhatikan unsur calon wakil presiden.

Uji materi UU Pemilu

Menurut DPW, partai ini harus memberikan perhatian khusus terhadap proses uji materi UU Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batasan usia calon presiden/cawapres minimal 40 tahun hingga 35 tahun.

“Bila MK mengabulkan uji materi LBH PSI dan ada kandidat anak muda, minimal usia 35 tahun, yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai cawapres. Maka selayaknya lah DPP PSI memberikan dukungan kepada calon wakil presiden tersebut,” ujarnya.

Grace juga mengungkapkan, DPW ingin kriteria calon pemimpin yang mereka dukung adalah yang berpeluang terus mengunggulkan dan membesarkan Jokowi.

Sebab menurut PSI, dalam 9 tahun terakhir, prestasi yang diraih Jokowi telah menempatkan Indonesia pada posisi yang tepat.

“Indonesia tidak boleh mundur ke belakang karena salah memilih presiden. Tidak ada pilihan lain selain maju bersama capres dan cawapres yang berkomitmen melanjutkan program Presiden Jokowi. Jokowisme dalam nilai dan juga tindakannya,” tutupnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments