27.7 C
Jakarta
Saturday, December 9, 2023
HomeBeritaMahfud MD Hormati Keputusan Penjara Seumur Hidup Ferdy Sambo

Mahfud MD Hormati Keputusan Penjara Seumur Hidup Ferdy Sambo

INDONESIAPOLITIK.COM – Putusan kasasi MA yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Ferdy Sambo, yang sebelumnya dihukum mati, dijawab oleh Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Ia menyatakan penghormatannya terhadap keputusan hakim. Mahfud menyatakan bahwa hukuman penjara seumur hidup untuk Ferdy Sambo sama dengan hukuman mati secara kualitas.

Baca: Mahfud MD: Penahanan Panji Gumilang Paling Lambat Jam 8 Malam

“Kita hormati putusan hakim. Dulu kan sudah saya bilang bahwa secara praktis hukuman mati untuk Sambo bisa menjadi seumur hidup. Secara kualitas hukuman mati dan hukuman seumur hidup praktisnya sama. Yakni sama-sama hukuman dengan huruf yaitu mati dan seumur hidup, bukan sekian angka tahun.” Kata Mahfud dalam keterangan yang dikonfirmasi, Rabu (9/8).

Dia juga mengatakan bahwa meskipun MA mengizinkan hukuman mati, hukuman tersebut sebenarnya tidak perlu dilaksanakan karena KUHP baru telah berlaku.

Dia menyatakan, “Terpidana mati yang belum dieksekusi setelah menjalani hukuman 10 tahun dapat diubah menjadi hukuman seumur hidup sesuai dengan keputusan KUHP baru tersebut.”

Sebelum ini, MA telah menolak kasasi Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma’ruf dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

MA, di sisi lain, melakukan perbaikan pidana, yang menghasilkan vonis penjara seumur hidup terhadap Sambo.

MA juga menjatuhkan vonis penjara 10 tahun terhadap Putri dari sebelumnya 20 tahun terhadap Kuat.

Kemudian menjatuhkan vonis pidana penjara selama delapan tahun terhadap Ricky Rizal dari sebelumnya 13 tahun.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments