33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaPrabowo Janji Akan Lanjutkan Hilirisasi Nikel dan Sawit

Prabowo Janji Akan Lanjutkan Hilirisasi Nikel dan Sawit

INDONESIAPOLITIK.COM – Calon presiden Prabowo Subianto janji akan melanjutkan hilirisasi industri nikel dan sawit seperti kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Prabowo memuji tekad Jokowi untuk mengelola sumber daya alam Indonesia. Ia berencana melanjutkan pekerjaan yang telah dirintis Jokowi.

“Strategi pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah di bawah kepemimpinan Pak Joko Widodo sudah benar dan saya bertekad, apabila saya menerima mandat dari rakyat, saya akan teruskan strategi yang sudah benar ini,” kata Prabowo di Rakernas XVI Apeksi di Makassar, Kamis (13/7).

Baca: Prabowo dan Jokowi Bertemu Seminggu Sekali Sejak Juni Kemarin

Prabowo memaparkan kebijakan Jokowi di industri hilir. Menurutnya, kebijakan tersebut berhasil meningkatkan pendapatan Indonesia dari berbagai sumber.

Misalnya, industri hilir nikel bisa meningkatkan pendapatan Indonesia dua puluh kali lipat. Ia juga mengatakan, pendapatan Indonesia akan meningkat 79 kali lipat jika mencanangkan industri hulu sawit.

“Penerimaan negara, kekayaan negara, meningkat drastis,” ucapnya.

Prabowo mengatakan, pembangunan negara harus tetap berjalan meski presiden berganti. Menurutnya, pembangunan tidak bisa diukur dalam satu atau dua periode pemerintahan saja.

Prabowo pun janji untuk meneruskan hilirisasi nikel dan sawit untuk memajukan perekonomian Indonesia.

“Pembangunan bangsa bukan dilaksanakan per lima tahun, bukan dilaksanakan per 10 tahun. Nation building adalah per generasi,” ucap Prabowo menjelaskan niatnya meneruskan program-program Jokowi.

Jokowi dan Prabowo

Sebelumnya, Prabowo sudah menunjukkan kedekatannya dengan Presiden Jokowi jelang Pilpres 2024. Dia konsisten memuji rivalnya di Pilpres 2014 dan 2019 dalam beberapa bulan terakhir.

Penghargaan ini bertepatan dengan frekuensi Jokowi mengundang Prabowo ke istana. Selama tiga minggu terakhir, mereka mengadakan sesi satu lawan satu seminggu sekali.

Kedekatan Prabowo dengan Jokowi memicu spekulasi di beberapa kalangan politik, termasuk kader PDIP Adian Napitupulu.

Adian mengaku mempertanyakan keberpihakan Jokowi pada Pilpres 2024.

“Yang gue tanya satu, ‘Bapak dukung capres siapa?’,” kata Adian.

Adian menanyakan hal itu saat bertemu Jokowi di Pasar Parung pertengahan Juni lalu. Jokowi menjawab pertanyaan ini juga.

“Ganjar,” ucap Adian meniru jawaban Jokowi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments