33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaAnies Saat Ditanya Soal Pembangunan IKN di Rakernas APEKSI

Anies Saat Ditanya Soal Pembangunan IKN di Rakernas APEKSI

INDONESIAPOLITIK.COM – Bakal Calon presiden Anies Baswedan diminta pendapatnya soal pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dalam diskusi panel di Rakernas APEKSI hari ini, Kamis (13/7).

“Bagaimana Mas Anies memandang pembangunan IKN?” ucap Wali Kota Bogor Bima Arya dalam acara Rakernas APEKSI di Makassar, Kamis (13/7).

Anies kemudian memberikan tanggapan, namun tidak memberikan informasi tentang rencananya melanjutkan atau menghentikan pembangunan IKN jika nanti menjadi presiden.

Baca: Jokowi Yakin Pembangunan IKN Selesai Tepat Waktu

Dia memulai dengan menjelaskan bahwa kepala daerah seringkali percaya diri untuk melaksanakan suatu program atau kebijakan jika memiliki dasar yang kuat dan terencana dengan baik.

Di sisi lain, dibutuhkan kekuatan politik untuk melaksanakan program yang tidak memiliki dasar yang kokoh.

“Tetapi kalau dia tidak memiliki dasar yang kuat, kemudian tidak jelas yang mendapat manfaat siapa, butuh otot politik untuk program itu berjalan. Betul enggak?” ucap Anies.

Anies kemudian mengaku kaget karena sering ditanya soal sikapnya terhadap IKN. Dia lebih sering ditanya tentang hal ini daripada tentang subsidi makanan atau bahan bakar.

“Jika ini rencana baik pasti jalan terus. Jika ada masalah, saya kadang-kadang heran kenapa sering ditanyakan ya? Apa ada masalah? Dalam alam bawah sadar kita ada pertanyaan ya sesungguhnya,” kata Anies.

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan. Pembangunan pun sudah dimulai dan ditargetkan untuk selesai sebelum perayaan HUT RI ke-79

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah mengalokasikan sekitar Rp 466 triliun untuk proyek tersebut. Diterima dari anggaran negara, kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), serta investasi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments