33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaSurvei LSI: Ganjar-Erick Ungguli Prabowo-Cak Imin dan Anies-Khofifah

Survei LSI: Ganjar-Erick Ungguli Prabowo-Cak Imin dan Anies-Khofifah

INDONESIAPOLITIK.COM – Survei LSI mengumumkan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa.

“Ganjar-Erick Thohir mendapat 34 persen unggul atas Prabowo-Muhaimin 30,7 persen, sementara Anies-Khofifah 21 persen, sekitar 14,2 persen belum menunjukkan pilihannya,” kata survei LSI dalam keterangan tertulis, Selasa (11/7).

LSI juga menggelar simulasi pemilihan presiden bersama pasangan lain, yakni Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno. Pasangan ini menghadapi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Yenny Wahid.

Baca: Survei Cawapres LSI: Erick Thohir Ungguli Ridwan Kamil

“Ganjar-Sandiaga 35,1 persen, unggul atas Prabowo-Gibran 33,9 persen, dan Anies-Yenny Wahid 18,2 persen. Sekitar 12,8 persen belum menunjukkan pilihannya,” tulis LSI.

Simulasi lainnya antara lain pasangan Anies-Agus Harimurti Yudhoyono, Ganjar-Ridwan Kamil, dan Prabowo-Erick.

Hasil simulasi adalah Anies-AHY 19,7 persen, Ganjar-RK 34 persen, dan Prabowo-Erick 34,8 persen.

LSI melakukan survei ini pada 1-8 Juli 2023 dengan 1.242 responden. Responden dipilih lewat pembangkitan nomor telepon secara acak, verifikasi dan screening.

Margin of error penelitian ini ± 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei Populi Center

Sementara itu, hasil survei Populi Center pada kategori cawapres dalam perolehan suara publik menunjukkan, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menjadi nama yang paling banyak diminati dengan perolehan suara 11,5 persen.

Berikutnya Ridwan Kamil 6,5 persen, Mahfud MD 5,3 persen, dan Erick Thohir 5,2 persen. Angka lainnya mencapai persentase kurang dari lima persen.

Namun, pada semi terbuka simulasi calon wakil presiden atau soal nama yang diajukan Populi Center, Ridwan Kamil mendapat skor tertinggi sebanyak 19,3 persen.

Disusul Sandiaga Uno 16,5 persen, Erick Thohir 10,4 persen, Mahfud MD 9,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 8,8 persen, Anies Baswedan 7,6 persen, Andika Perkasa 4,1 persen, Gibran Rakabuming Raka 3,8 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 3,6 persen.

“Sebagai nama baru pada posisi calon wakil presiden, sosok Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan cukup tinggi dari masyarakat,” ujar Rafif.

Survei Populi Center kali ini dilakukan pada 4 hingga 12 Mei 2023 terhadap 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia. Survei nasional ini menggunakan metode acak bertingkat dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Margin of error dari survei ini sekitar 2,83 persen. Proses wawancara dilakukan secara langsung dengan menggunakan aplikasi survey Populi Center.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments