33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaAli Mochtar Ngabalin Bela Al Zaytun & Panji Gumilang

Ali Mochtar Ngabalin Bela Al Zaytun & Panji Gumilang

INDONESIAPOLITIK.COM – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin bela Pesantren Al-Zaytun dari tuduhan menyebarkan ajaran menyimpang.

Ngabalin menegaskan bela pesantren Al Zaytun bahwa tidak ada ajaran sesat di pesantren tersebut. Ia menyebut Panji Gumilang merupakan sosok yang cerdas, keturunan kader Masyumi dan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Baca: Mahfud MD Sebut Al Zaytun Bisa Terkait dengan NII

“Sejak kapan ada pondok pesantren mengajarkan orang berzina boleh nanti bayar? Sejak kapan ada pondok pesantren mengajarkan orang melakukan kaderisasi membangun negara di negara yang lain dalam pondok pesantren?” kata Ngabalin dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Selasa (4/7).

Ia mengatakan, Panji Gumilang sudah puluhan tahun membangun pesantren. Banyak keluarga menitipkan anaknya untuk bersekolah di pondok pesantren Al-Zaytun.

Ngabali mengaku keluarganya juga belajar di sana. Menurutnya, tidak ada yang salah dengan ajaran Al-Zaytun.

“Keponakan saya, anak kakak saya tertua, anak-anaknya sekolahnya di Al-Zaytun. Jadi, saya mau bilang bahwa jangan nuduh orang macam-macam, jangan kalian mendiskreditkan itu Pak Kiai Gumilang,” ucap Ngabalin.

Pihak yang Menuduh

Ngabalin menduga ada pihak yang sengaja menilai isu pesantren Al-Zaytun menyesatkan. Dia mengatakan partai ingin mengambil alih al-Zaytun.

“Enggak usah banyak nuduh orang melakukan berbagai macam ketimpangan, menuduh orang di belakang, dan lain-lain. Cara-cara ini lazim ini kita ketahui kalau ada orang mau ambil, mau merampok,” ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan Pesantren Al-Zaytun menyebarkan ajaran sesat. Mereka meminta pemerintah mengambil tindakan terhadap pesantren tersebut.

Pemerintah melakukan penyelidikan di Al-Zaytun. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pesantren memiliki keterkaitan dengan Negara Islam Indonesia (NII). Polisi juga memeriksa Direktur Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang. Panji diperiksa atas dugaan penistaan ​​agama, ujaran kebencian, dan penyebaran berita bohong.

“Kemarin siang juga dilaksanakan gelar perkara tambahan karena ditemukan oleh penyidik pidana lain. Dengan persangkaan tambahan, yaitu Pasal 45a ayat (2) juncto pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dan/atau pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo saat dihubungi, Kamis (6/7).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments