26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaMegawati Soal Cawapres Ganjar: Tunggu Pengumuman Saya

Megawati Soal Cawapres Ganjar: Tunggu Pengumuman Saya

INDONESIAPOLITIK.COM – Pemimpin PDIP Megawati Soekarnoputri buka suara untuk calon wakil presiden (Cawapres) pengganti Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Megawati, Presiden kelima Republik Indonesia, mengimbau masyarakat untuk sabar menunggu pengumuman cawapres Ganjar.

“Sabar saja nanti tunggu pengumuman saya,” kata dia di Kawasan Riset BRIN, Cibinong, Jawa Barat, Rabu (5/7).

Baca: PKS: Bakal Ada Kejutan Soal Cawapres Tiap Bacapres

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pengumuman nama calon wakil presiden Ganjar Pranowo (Cawapres) untuk pemilihan presiden 2024 akan dilakukan pada September.

Ia mengatakan, Megawati akan mengumumkannya setelah berdiskusi dengan pimpinan partai koalisi dan Presiden Joko Widodo.

“September tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum mengumumkan calon dari wakil presiden yang tentu saja setelah berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar dan juga dengan bapak Presiden Jokowi,” ujar Hasto kepada wartawan, Selasa (4/7).

Hasto menjelaskan, PDIP saat ini masih menyeleksi nama-nama yang akan masuk bursa Cawapres. Proses ini akan berlanjut selama dua bulan ke depan pada bulan Juli dan Agustus.

Hasto mengaku partainya tidak akan mengajukan calon Ganjar. Dia ingin memastikan calon wakil presiden mereka memiliki hak suara untuk memenangkan pemilihan presiden 2024.

“Bulan Juli, Agustus, akan menjadi momentum penggodokan dan kemudian akan dicari perpaduan terbaik, tetapi juga melihat aspek-aspek elektoral,” ujarnya.

Presiden DPP PDIP Puan Maharani menyebutkan beberapa nama yang dipertimbangkan untuk menggantikan Ganjar di Pilpres 2024.

Di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan pimpinan Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments