26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaPoltracking: Jokowi Punya Pengaruh Tertinggi dalam Pilpres

Poltracking: Jokowi Punya Pengaruh Tertinggi dalam Pilpres

INDONESIAPOLITIK.COM – Peneliti Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dinamika Pilpres 2024.

Berdasarkan Poltracking, salah satu pengaruh itu adalah kekuasaan Jokowi sebagai kepala negara dan pemerintahan. Meski akan mundur pada 2024, Jokowi akan tetap memegang kekuasaan dalam berbagai instrumen hingga terpilihnya presiden baru.

“Dia komando tertinggi, dia punya akses informasi-informasi negara di banyak bidang di ekonomi dan seterusnya. Hal ini yang secara langsung bagi partai-partai yang sekarang ada di pemerintahan,” ucap Arya mengutip Antara, Selasa (4/7).

Baca: Poltracking: Tak Yakin PDIP-Demokrat akan Berkoalisi

Selain itu, pemerintah memiliki beberapa pimpinan partai politik peserta pemilu 2024 dan menjadi bawahan langsung Jokowi.

Menurut Arya, dengan posisi tersebut, Jokowi juga dapat menjadi pimpinan dari pimpinan partai di koalisi yang berkuasa.

“Jokowi praktis adalah pemimpin dari para ketua umum yang sekarang berkoalisi partai-partai yang menjadi menteri Jokowi. Memiliki sumber kekuasaan atas partai yang sekarang menjabat sebagai menteri di pemerintah Jokowi,” kata Arya.

Faktor lain yang menjadi pengaruh di mata Arya yang masih membuat Jokowi berpengaruh adalah basis dukungan yang besar dan masih kuat yang ia warisi dari Pilpres 2019.

“Jokowi menentukan karena efek dari basis pendukung. Jokowi memiliki pengaruh separuh pemilih di Indonesia 2014, 2019. Praktis Jokowi memiliki basis pemilih mayoritas,” kata Arya

Arya menilai Jokowi dapat memanfaatkan pendukungnya untuk mendapatkan dukungan bagi calon tertentu. Dengan demikian, Jokowi terus menarik parpol.

“Ketika Jokowi dianggap dekat atau Jokowi dianggap mendukung meskipun secara gesture, tidak verbal maka kandidat ini akan mendapat limpahan pemilih Jokowi, elektabilitasnya naik kemudian partai mendekat. Ini efek tidak langsung Jokowi,” kata dia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments