33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaMasinton Sentil SBY: Kalau Tak Bisa Terbang Jangan Salahkan Udara

Masinton Sentil SBY: Kalau Tak Bisa Terbang Jangan Salahkan Udara

INDONESIAPOLITIK.COM – Politisi PDIP Masinton Pasaribu soal buku SBY, meminta tidak ada yang menyalahkan pemerintahan Joko Widodo jika Anies Baswedan tidak menjadi calon presiden (calon) pada Pilpres 2024.

Masinton mengatakan hal itu menanggapi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengacu pada perjalanan Anies dalam bukunya The President Can Do No Wrong: Pilpres 2024 dan Cawe-Cawe Presiden Jokowi.

Baca: Pokok Pandangan SBY dalam Buku “The President Can Do No Wrong”

“Kalau enggak bisa terbang jangan salahin udara. Ya kan, jangan-jangan pilotnya yang enggak kompeten untuk terbangkan pesawatnya atau ya memang pesawatnya memang pesawat rusak,” kata Masinton di kompleks parlemen, Selasa (27/6).

Ia juga mencontohkan, pihak yang mengaku tersandung harus memikirkan persiapan sebelum pertempuran atau pemilu 2024.

“Jangan dibilang udaranya yang enggak bersahabat kalau enggak bisa terbang. Periksa dong sayapnya, kalau pesawat engine-nya, pilotnya,” ujar dia.

Masinton menegaskan pemerintah tidak akan menerima calon apapun karena bertentangan dengan konstitusi.

Ia pun menegaskan, syarat ini sudah diatur jelas dalam undang-undang pemilu, jadi di 20 persen rintangan presiden.

“Jadi ditanyakan partai-partai politik yang akan mengusung keseriusan dari masing-masing parpol tadi,” ucapnya.

SBY sebelumnya memaparkan pandangan pribadinya dalam buku tersebut. Di sana ia meliput banyak topik terkait Pilpres 2024, termasuk pidato Anies Baswedan sebagai calon presiden (calon).

SBY memahami Jokowi bisa saja menghalangi Anies Baswedan mencalonkan diri sebagai capres pada Pilpres 2024. Dia menegaskan kegiatan politik sah-sah saja sepanjang tidak melanggar undang-undang.

Namun, SBY menekankan etika Jokowi padahal sebenarnya ia melakukannya dengan menyalahgunakan kekuasaan. Misalnya menyalahkan Anies hingga ditetapkan sebagai tersangka kasus pidana.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments