28.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaCilacap Kekeringan, 7.739 Warga Kesulitan Air Bersih

Cilacap Kekeringan, 7.739 Warga Kesulitan Air Bersih

INDONESIAPOLITIK.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap mencatat 7.739 jiwa di wilayah itu mengalami kekeringan pasca musim kemarau yang melanda Jateng sejak awal Juni 2023.

Musim kemarau tersebut mengurangi curah hujan dan mengurangi persediaan air bersih di area bersangkutan.

Erna Suharyanti, Pj. Direktur BPBD Kabupaten Cilacap. Kepala desa mengatakan, 7.739 orang dari 2.613 anggota keluarga di empat desa terkena dampak kekeringan akibat musim kemarau. Tetangga mengirimkan tiga mobil berkapasitas lebih dari 5.000 liter untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Baca: Krisis Air di Nusa Penida, Pemprov Bali Upayakan Olah Air Laut jadi Air Tawar

UPT BPBD Majenang juga menyiagakan satu unit tangki untuk lebih cepat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat wilayah barat. Pusdalops BPBD Kabupaten Cilacap menyatakan antara 14 Juni dan Sabtu (24/6) air bersih disalurkan sebanyak 21 kali dengan total 105.000 liter air.

“Dari BPBD Kabupaten Cilacap ada tiga unit mobil tangki air. Satu unit ditempatkan di UPT BPBD Majenang untuk lebih memaksimalkan dan mem- backup wilayah barat dan percepatan dalam pelayanan pendistribusian air bersih,” kata Erna dalam keterangan tertulis, Minggu (25/6).

Cilacap merupakan daerah terluas di Jawa Tengah yang merupakan daerah kekeringan. Menurut Pusdalops BPBD di Kabupaten Cilacap, sedikitnya ada 105 desa di 20 kecamatan yang terancam kekeringan.

Menurut Erna, ada desa yang tidak mengalami kekeringan, namun sejak pompa air di Pancimas rusak dan tidak diperbaiki. BPBD Kabupaten Cilacap terus mendukung pendistribusian air bersih di wilayah tersebut.

“Ada 20 kecamatan dan 105 desa untuk bencana kekeringan,” kata Erna.

“Ada desa yang tidak termasuk rawan kekeringan. Tetapi karena pompa air dari Pancimas rusak dan belum diperbaiki, sehingga warga yang terdampak kekeringan sudah didistribusikan air bersih oleh BPBD Kabupaten Cilacap,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments