26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaMenteri Kesehatan Sebut Jokowi Sudah Tentukan Status Pandemi Covid-19

Menteri Kesehatan Sebut Jokowi Sudah Tentukan Status Pandemi Covid-19

INDONESIAPOLITIK.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil keputusan terkait status pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

“Beliau sudah ambil keputusannya, cuma nanti pengumumannya terserah kepada beliau,” kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/6).

Budi mengatakan, keputusan itu diambil saat sejumlah menteri tiba di istana hari ini. Mereka melaporkan perkembangan pandemi di dalam negara dan di beberapa negara lainnya.

Baca: Candaan Jokowi di Ecosperity Week Singapura: Ah Maaf Salah Pidato

Budi tak mau membeberkan informasi yang diberikannya kepada Jokowi untuk menentukan status pandemi Covid-19. Namun, kata dia, WHO juga memberikan apresiasi atas penanganan pandemi di Indonesia.

“Bulan lalu sudah ketemu WHO bdan WHO sudah memberikan apresiasi ke Indonesia bahwa penanganannya bagus,” ucap Budi.

Budi mengatakan, apapun keputusannya, masyarakat perlu tahu bahwa virus corona tetap ada. Masyarakat harus membiasakan hidup dengan Covid-19.

Masyarakat juga perlu memahami langkah apa yang harus dilakukan saat terpapar Covid-19. Perlu juga diketahui obat dan vaksin yang dapat digunakan.

Awal Mei lalu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah akan segera mengumumkan perubahan status Covid-19 dari “pandemi” menjadi “endemi”.

Langkah tersebut sejalan dengan deklarasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengakhiri krisis kesehatan global terkait Covid-19.

Muhadjir mengatakan sejauh ini pemerintah belum menyatakan endemik karena WHO belum mencabut status darurat.

“Kita selama ini belum mendeklarasi endemi itu karena memang WHO belum. Begitu WHO mencabut, ya kita,” kata Muhadjir

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments