26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaPuan Maharani Soal Peluang Koalisi dengan Partai Demokrat

Puan Maharani Soal Peluang Koalisi dengan Partai Demokrat

INDONESIAPOLITIK.COM – Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengomentari koalisi dengan Partai Demokrat usai pembicaraan pertemuan antara kedua partai.

“Ya kita lihat dulu, ngobrol-ngobrol dulu, baru dilihat apakah kita punya kesamaan, maksud, dan tujuan untuk membangun Indonesia ke depan,” kata Puan di Kantor DPD PDIP DIY, Kota Yogyakarta, Minggu (11/6).

Menurut Puan, pertemuan antara dirinya dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca: Jelang Bertemu dengan AHY, Puan Sebut Cak Imin dan Airlangga di Daftar Cawapres Ganjar

“Segera, segera,” tegasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan sebelumnya, Ketua Umum PDIP-DPP Puan Maharani akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

Dalam beberapa hari terakhir, PDIP membuka diri untuk bekerja sama dengan Demokrat dalam pemilihan presiden. AHY juga disebut terlibat dalam pergantian Ganjar Pranowo dari wakil presiden.

Hubungan antara demokrat dan PDIP merenggang sejak pemilihan presiden 2004. Saat itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi kandidat dalam pemilihan presiden.

Saat itu bawahan Mega, Menko Polkam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga mencalonkan diri sebagai presiden. Dia mencalonkan diri di Partai Demokrat yang baru dibentuk. SBY mengalahkan Megawati dalam pemilihan presiden dan menjadi Presiden keenam Republik Indonesia.

Negosiasi rekonsiliasi dan koalisi sudah beberapa kali dilakukan, namun tidak pernah terwujud hingga PDI-P mengumumkan secara terbuka beberapa hari lalu akan bekerja sama dengan Partai Demokrat.

PDIP bahkan terang-terangan menyebut AHY terlibat dalam pertukaran calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan berencana mengadakan pertemuan untuk membuka kemungkinan rekonsiliasi.

Ajakan PDIP itu mendapat tanggapan positif dari SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. Ia mengatakan, AHY menerima ajakan pertemuan Puan.

“Yang saya tahu karena saya tidak menangani langsung sekarang ini, yang saya tahu AHY selaku pemimpin Partai Demokrat merespons ajakan dari mbak Puan dari PDIP untuk melakukan pertemuan dan berbincang-bincang,” kata SBY di kawasan GBK, Minggu (11/6) dikutip dari detikcom.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments