33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaBursa Cawapres Ganjar Semakin Bertambah

Bursa Cawapres Ganjar Semakin Bertambah

INDONESIAPOLITIK.COM – Bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo semakin bertambah. Sejauh ini ada tujuh tokoh yang disebut-sebut berpotensi untuk dampingi Ganjar di Pilpres 2024.

Pada Minggu (11/6), Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani kembali mengumumkan siapa yang terlibat dalam bursa cawapres Ganjar.

Salah satunya adalah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, pimpinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lalu ada nama ketua Golkar, Airlangga Hartarto.

“Ada Cak Imin, Mas Airlangga. Bisa juga nanti yang dari NU, Muhammadiyah,” kata Puan saat di Kantor DPD PDIP DIY, Yogyakarta.

Baca: Kerja Sama PDIP-Perindo Tingkatkan Elektabilitas Ganjar

Puan mengatakan PDIP akan bekerja sama dengan Cak Imin, Airlangga dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pertukaran cawapres PDIP.

Dia menambahkan kedua nama ini melengkapi jajaran yang sebelumnya telah diumumkan dalam bursa cawapres Ganjar. Puan sebelumnya menyebut Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohiri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno, dan Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut Puan, PDIP akan mempertimbangkan kepentingan masing-masing tokoh sebelum memutuskan menjadi calon wakil presiden Ganjar.

“Banyak yang masih bisa kita masukkan, tapi semuanya punya potensi yang kita lihat dulu apakah nantinya cocok atau enggak untuk jadi bacawapresnya capres PDIP,” tuturnya.

Selain itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga menyebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam daftar calon mitra Ganjar.

Nama lain yang juga digadang-gadang sebagai kandidat cawapres Ganjar Pranowo adalah Nazaruddin Umar, imam kepala Masjid Istiqlal Jakarta.

Namun Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP, mengatakan pembahasan calon wakil presiden Ganjar akan berakhir setelah ada kerja sama atau koalisi dengan partai politik final. Dia mengatakan, komunikasi PDIP dengan parpol lain saat ini belum tuntas.

“Mungkin akan bertambah beberapa hari kemudian, barulah setelah partai-partai politik itu definitif, Ibu Mega akan membuka pembicaraan dengan ketua umum-ketua umum tersebut,” ucap Basarah di Rakernas PDIP, Rabu (7/6).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments