33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaJokowi: Cawe-cawe itu Kewajiban Moral Saya Sebagai Presiden

Jokowi: Cawe-cawe itu Kewajiban Moral Saya Sebagai Presiden

INDONESIAPOLITIK.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggambarkan keputusannya untuk cawe-cawe di Pilpres 2024 sebagai bagian dari kewajiban moralnya sebagai presiden.

Jokowi percaya dia harus turun tangan untuk memastikan perubahan kepemimpinan. Dia ingin proses ini berjalan dengan baik.

“Cawe-cawe udah saya sampaikan bahwa saya cawe-cawe itu menjadi kewajiban moral, menjadi tanggung jawab moral saya sebagai presiden dalam masa transisi kepemimpinan nasional,” kata Jokowi di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Selasa (6/6).

Baca: Wejangan Jokowi ke Ganjar Pranowo di Rakernas PDIP

Jokowi berharap pemilihan presiden baru berjalan lancar. Ia tidak menginginkan gelombang yang dapat membahayakan bangsa dan negara.

“Masak ada riak-riak yang membahayakan negara dan bangsa saya disuruh diam?” ucap Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengaku akan mengintervensi atau ikut serta dalam pemilihan presiden 2024, dan ia menilai transisi kepemimpinan harus berjalan dengan baik untuk mendukung kemajuan Indonesia menuju negara maju.

Pernyataan Jokowi tersebut memicu kecaman dari berbagai kalangan, terutama oposisi. Politisi Partai Demokrat Benny K. Harman mengecam keputusan Jokowi tersebut.

“Kalau kepala negara mau cawe-cawe untuk kepentingan bangsa dan negara ke depan alasan yang sama bisa juga digunakan oleh Kapolri, oleh Ketua MA, oleh Ketua MK, oleh Jaksa Agung, KPK, oleh BIN. Mau begitu semua? Apa semua begitu?” ucap Benny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/5).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments