26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaDemokrat Evaluasi Dukungan ke Anies Jika Tidak Umumkan Cawapres Juni

Demokrat Evaluasi Dukungan ke Anies Jika Tidak Umumkan Cawapres Juni

INDONESIAPOLITIK.COM – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP) sedang mempertimbangkan untuk evaluasi dukungan untuk Anies Baswedan jika dia belum mengumumkan calon wakil presiden pendampingnya pada bulan Juni.

“Kalau pengumuman pasangan tidak keluar pada Juni, Demokrat mungkin akan mengevaluasi,” kata Andi Arief, Kepala Bappilu DPP Demokrat saat dihubungi, Senin (6/5).

Diakuinya, kelayakan Anies menurun di beberapa hasil survei pemilu. Baru-baru ini, tren penurunan terlihat dari hasil studi yang diterbitkan oleh Indikator.

Menurut survei, dalam simulasi tiga nama, Prabowo Subianto meraih perolehan suara terbanyak dengan 38 persen. Kemudian Ganjar 34,2 persen, Anies 18,9 persen, dan sisanya 8,8 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca: Teka-teki Cawapres Anies yang Diklaim Bakal Mengagetkan

Andi menilai pelemahan kualifikasi Anies karena tak kunjung mencanangkan calon wakil presiden.

“Jadi kita akan mengajukan usul kepada Pak Anies agar bulan Juni ini segera dideklarasikan agar tidak semakin dalam jaraknya, makin jauh jaraknya,” kata dia.

“Saat jarak buka cukup lebar, itu pasangannya juga akan berat,” tambahnya.

Oleh karena itu, jika tidak segera dilakukan upaya untuk memperbaiki ini, Demokrat akan evaluasi dukungan mereka ke Anies.

Andi yakin deklarasi Cawapres akan memperkuat keinginan masyarakat untuk melakukan perubahan. Oleh karena itu diharapkan bahwa ini akan menyebabkan peningkatan elektabilitas.

“Partai maupun mereka yang mau perubahan itu yakin dan mulai bergerak dan menaikkan kembali elektabilitas Pak Anies,” kata dia.

Sejauh ini, Anies enggan membeberkan kapan akan mengumumkan calon wakil presiden pendampingnya di Pilpres 2024. Ia juga enggan membeberkan ciri-ciri calon wakil presiden pilihannya.

Willy Aditya, Ketua DPP NasDem, mengatakan Anies memang sudah memberi tahu calon wakil presiden pilihannya ke Kepala Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Pacitan, Jawa Timur.

Selain itu, Anies menyampaikan kabar serupa kepada pengurus NasDem dan PKS. Willy mengatakan cawapres akan diumumkan secara resmi paling lambat 16 Juli.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments