33.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaKPU Tegaskan Plate Belum Gugur Sebagai Bacaleg

KPU Tegaskan Plate Belum Gugur Sebagai Bacaleg

INDONESIAPOLITIK.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan, posisi Johnny G. Plate sebagai calon anggota parlemen (bacaleg) pada Pemilu 2024 tidak ditolak, meski ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

Idham Cholik, Komisioner Departemen Teknis KPU, mengatakan jika putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap itu melemah, maka posisi Plate sebagai caleg akan melemah.

“Dalam aturan itu harus berkekuatan hukum tetap. Harus berstatus putusan hukuman tetap, inkracht namanya kalau dalam Undang-Undang Pemilu maupun Peraturan KPU,” kata Idham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5).

Namun Idham yakin parpol punya pertimbangan dan kebebasan untuk mengganti caleg yang sedang disidangkan.

Baca: Anies: Koalisi Masih Solid Usai Johnny G Plate Tersangka Korupsi

Dia menjelaskan, parpol dapat mengganti caleg yang terdaftar pada tahap peninjauan Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT).

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan caleg yang berperkara dapat mengundurkan diri. Dia mengatakan, caleg dan partai politik diperbolehkan mendaftar ke KPU.

“Kalau misalkan mau ditarik oleh partainya juga urusan partai yang bersangkutan, tetapi itu kan ada masanya, ada ruang waktunya, ada tahapannya, yaitu pada masa perbaikan,” kata Hasyim.

Kejaksaan Agung menyebut kerugian negara dalam kasus korupsi ini mencapai Rp 8 triliun. Sekjen Partai NasDem itu diduga melanggar Pasal 2 dan/atau 3 UU Tipikor dan Pasal 55 (1) Nomor 1 KUHP.

Johnny G. Plate adalah Sekretaris Kominfo dan Sekjen Partai NasDem. NasDem mendaftarkan KPU sebagai caleg DPR RI untuk Pemilu 2024. 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments