26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaSurvei Charta Politika: Ganjar Teratas, Anies Turun

Survei Charta Politika: Ganjar Teratas, Anies Turun

INDONESIAPOLITIK.COM – Survei Charta Politika Indonesia menemukan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan pemimpin Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam simulasi itu, Ganjar meraih 38,2 persen suara dari tiga calon presiden 2024. Kemudian Prabowo dengan 31,1 persen dan Anies Baswedan dengan 23,6 persen.

“Ganjar Pranowo (38,2 persen) menjadi pilihan tertinggi. Diikuti oleh Prabowo Subianto (31,1 persen) dan Anies Baswedan (23,6 persen),” dikutip dari hasil survei Charta Politika, Senin (15/5).

Baca: Puan Maharani Isyaratkan Partai Kuning Dukung Ganjar

Rekap Hasil Survei Charta Politika

Ketiga nama ini mengalami tren naik turun berdasarkan hasil Charta Politika. Kualifikasi Ganjar turun dari 37,8 pada Februari 2023 menjadi 31,4 pada April 2023.

Prabowo mengalami kenaikan sesaat sebesar 27,4% pada Februari dan melonjak menjadi 33,1% pada April 2023.

Sementara itu, Anies mengalami penurunan sejak Februari 2023. Saat itu, kelayakan Anies sebesar 26,8 persen. Namun, angka itu terus menurun menjadi 24,2% pada April 2023.

“Elektabilitas Ganjar Pranowo meningkat setelah sempat mengalami penurunan pada April lalu. Sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan cenderung mengalami penurunan,” demikian temuan survei tersebut.

Jajak pendapat nasional Charta Politika dilakukan 2-7 Mei 2023, dan melibatkan 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas, dengan tingkat kesalahan 2,82 persen.

Survei dilakukan dengan menggunakan multi-stage random sampling di seluruh provinsi Indonesia dan dilakukan wawancara pribadi. Sebelumnya, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga melakukan survei kualifikasi terhadap tiga capres periode 30 April hingga 7 Mei 2023.

Dalam temuannya, SMRC menyebutkan angka kualifikasi Ganjar sebesar 39,2 persen. Prabowo mendapat dukungan 32,1 persen. Namun, hanya sekitar 19,7 persen.

Pada saat yang sama, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan bahwa kualifikasi Prabowo untuk kemungkinan pertukaran calon presiden selalu lebih baik dari nama lain seperti Ganjar dan Anies.

Nama Prabowo bersinar dalam empat simulasi riset calon presiden yang diterbitkan LSI. Sedangkan Ganjar dan Anies menyusul secara konsisten di posisi kedua dan ketiga.

“Top of mind, pada 12-17 April kami menemukan data pilihan top of mind paling tinggi ada di Pak Prabowo Subianto disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan,” ucap Direktur Eksekutip LSI, Djayadi Hanan dalam paparannya, Rabu (3/5).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments