26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomeBeritaPrioritaskan Pilpres, Airlangga Tak Didaftarkan untuk Caleg 2024

Prioritaskan Pilpres, Airlangga Tak Didaftarkan untuk Caleg 2024

INDONESIAPOLITIK.COM – Partai Golkar belum mendaftarkan pemimpinnya Airlangga Hartarto sebagai calon anggota legislatif (caleg) pemilu serentak 2024.

Sekjen Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan Airlangga akan tetap mencalonkan diri sebagai presiden. Hal itu terlihat dari keputusan partai.

“Pak Airlangga tentunya sesuai amanat munas kita calonkan sebagai presiden,” kata Lodewijk di Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (14/5).

Golkar juga gagal mendaftarkan dua menteri lain sebagai calon. Lodewijk mengatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang diberi tugas untuk menggantikan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hingga masa jabatannya berakhir pada 2024.

Baca: Jokowi Singgung Pemimpin Berani, Relawan Dukung Koalisi Besar di Pilpres

Pada saat yang sama, Menpora Dito Ariotedjo diminta untuk berkonsentrasi pada program olahraga lari. Salah satunya sukses kontingen SEA Games 2023.

“Kita tidak menggoda mereka nyaleg karena kader kader kita sangat banyak,” ujar Lodewijk.

Saat itu, Partai Golkar mendaftarkan 580 caleg DPR RI di markas KPU untuk 1.024 kali pemilihan serentak. Para caleg tersebar di 84 daerah pemilihan (dapil).

Dalam pemilu serentak 2019, Golkar memperoleh 17.229.789 suara, atau 12,31 persen dari pemilih yang memenuhi syarat di seluruh negara bagian. Dengan hasil itu, mereka mengamankan 85 kursi di DPR RI. 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments