26.7 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024
HomePemilu 2024PKB akan Memilih Opsi Lain Jika Koalisi Tidak Memutuskan Capres dan Cawapres...

PKB akan Memilih Opsi Lain Jika Koalisi Tidak Memutuskan Capres dan Cawapres pada Juni Mendatang 

INDONESIAPOLITIK.COM – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan sebagian besar kadernya meminta koalisinya dengan Partai Gerindra segera memutuskan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilihan presiden 2024. Jika tidak, kata Jazilul, PKB akan mempertimbangkan yang lain., opsi yang lebih rasional.

Ia mengatakan, sebagian besar kader PKB menginginkan pengumuman dilakukan paling lambat Juni 2023.

“Ya pastilah, saya sampaikan di rapat PKB, kita melihat waktu, kapan ini diputuskan? Mayoritas mengatakan tolong dalam bulan ini. Maksimal bulan Juni, kalau tidak, ambillah opsi lain yang lebih rasional,” kata Jazilul di kompleks parlemen, Kamis (11/5).

Jazilul menjelaskan, sebagian besar kader PKB bergantung pada rekomendasi Ijtima Ulama Nusantara PKB yang berwenang mengumumkan capres dan cawapres sebelum akhir Ramadan.

Baca: Gerindra Belum Tahu Golkar Mengajukan Airlangga sebagai Cawapres Prabowo 

Namun, momentum itu juga sudah berlalu, sehingga diharapkan juga bisa diumumkan secepatnya.

Namun, Jazilul tetap enggan menjelaskan opsi yang nantinya akan diambil jika capres dan cawapres tidak diumumkan tepat waktu.

“Jika tidak, tolong ambil opsi yang terbaik, ambil langkah terbaik, masih ada kemungkinan-kemungkinan lain, apa itu? Tentu nanti bukan sekarang. Sekarang fokus agar pasangan Prabowo-Muhaimin ini selesai,” ucapnya.

Saat ditanya apakah PKB sudah mengumumkan dukungannya kepada Prabowo, dia malah menegaskan PKB belum mencalonkan pimpinan PKB Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

“Ya nanti diumumkan sama Pak Muhaimin, yang jelas PKB resmi mencalonkan Pak Muhaimin menjadi calon presiden sampai detik ini,” ujar dia.

Di sisi lain, Muhaimin menegaskan PKB siap mendukung Prabowo sebagai capres dan akan mengumumkan dukungannya pada saat yang tepat.

“Kalau Pak Prabowo sudah mantap, kita siap dukung beliau. Nanti pada saatnya secara resmi kita umumkan,” kata Cak Imin usai bertemu mantan Wapres Hamzah Haz di kawasan Matraman, Kamis (11/5).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments